apa itu gerhana bulan? dan apa dampaknya?




>>Gerhana Bulan

Hallo agan-agan dan aganwati yang terhormat..

Malam-malam gak sengaja pas lihat beranda difacebook ada berita yang menyebutkan sedang terjadi Gerhana Bulan, ya udah, mengamati Gerhana Bulan sambil buat posting. (Karna cukup lama ;lebih kurang 3 jam) Alhamdullah postingnya selesai juga.
Cekidot

Apa itu Gerhana Bulan?
Gerhana Bulan adalah sebuah fenomena alam dimana antara Bumi, Matahari, dan Bulan berada dalam Satu garis lurus, atau lebih tepatnya Bumi berada diantara Bulan dan Matahari dalam Satu garis lurus.

>>Bagan skema Gerhana Bulan

Mengapa bulan seolah menghilang ketika terjadi Gerhana?
Bulan pada dasarnya adalah sebuah benda langit yang mengorbit mengelilingi bumi yang disebut satelit. benda langit selain bintang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri melainkan hanya memantulkan cahaya saja, begitu dengan Bulan. Bulan hanya memantulkan cahaya dari matahari, dan ketika terjadi Gerhana, Bulan-Bumi-dan Matahari berada dalam satu garis lurus, itu artinya cahaya Matahari yang menuju Bulan terhalang oleh Bumi, dan Bayangan Bumi (umbra) menutup permukaan Bulan. Sehingga Bulan akan terlihat gelap dan pada Gerhana total Bulan terlihat menghilang.

Apakah ada dampak dari fenomena Gerhana Bulan?
Inilah mitos sebagian masyarakat Indonesia (yang masih primitif). ketika ada Gerhana, mereka biasa memukul semacam tabuh-tabuhan (bunyi-bunyian), mengira bahwa terjadinya Gerhana karena Bulan dimakan oleh semacam makhluk raksasa. Sehingga bunyi bunyian itu dimaksudkan untuk menghalau makhluk tersebut. Padahal dalam konteks realitanya gerhana bulan merupakan fenomena alam yang lumrah dan sering terjadi (2-4 kali dalam setahun). Dan seperti apa yang telah dibahas diatas bulan menghilang bukan karena dimakan oleh makhluk luar angkasa melainkan bulan tidak bisa memantulkan cahaya dari matahari karna terhalang oleh bumi.

Kembali kedampak (pengaruh) yang ditimbulkan dari Gerhana Bulan. "BMKG" menyebutkan tidak ada dampak khusus akibat fenomena ini, hanya saja kemungkinan besar air laut dan gelombang pasang akan sedikit mengalami peninggian, tetapi masih dalam batas normal.

So, jangan panik kalo ada Gerhana Bulan gan, karena Gerhana merupakan fenomena alam yang lumrah terjadi.

Demikian share kali ini semoga membantu.


Responses

2 Respones to "apa itu gerhana bulan? dan apa dampaknya?"

Anonymous said...

makhluk raksasanya HASBI TABLO


November 13, 2013 7:52 AM
Anonymous said...

aganwati? harusnya sista!


November 13, 2013 7:56 AM

Post a Comment

jadi silahkan berkomentar

ALEXA RANK


Blog Sahabat

Forum tukaran link PERNAK-PERNIK

MEMORY BOX

Return to top of page Copyright © 2010-2012 PERNAK-PERNIK Blog's Home | Site map | Privacy policy | Contact me | About me Premium SEO Proposional Template by; Hack Tutors Editing by; Imron Rosadi